Kamis, 19 Maret 2015

Proses/Cara-cara Membuat Batu Akik Menjadi Cincin Batu

Batu akik akhir-akhir ini menjadi tren di masyarakat dan efeknya menyentuh hampir seluruh kalangan. Lalu, bagaimana proses pembentukan batu akik itu hingga layak menjadi aksesoris yang banyak dicari penggemarnya?


Proses awal adalah pembelahan batu dari bongkahan menjadi potongan-potongan ukuran sedang untuk mempermudah pemrosesan selanjutnya. Potongan batu itu kemudian dipilah untuk mencari motif atau tekstur yang hendak ditonjolkan. Motif itu yang nantinya menjadi daya tarik batu.

Proses yang paling sulit adalah pemilahan motif, karena berhubungan dengan keahlian sekaligus pandangan seni. Salah memotong batu, akan menyebabkan hancurnya motif dan yang paling buruk adalah dampak jatuhnya harga jual batu akik tersebut. 

Jika sudah menentukan motif, potongan tersebut dipotong-potong sesuai dengan model yang diinginkan atau disesuaikan dengan emban atau cincin logam tempat batunya. Emban ini dapat dengan mudah didapat di pasaran. 

Proses selanjutnya adalah penghalusan yaitu menggosok batu akik menggunakan kertas halus. Proses ini membutuhkan ketekunan tinggi karena tugasnya membuat permukaan batu menjadi mengkilap.

Kesulitan lainnya dalam pembuatan batu akik adalah penguasaan ragam jenis bebatuan. Hal ini menjadi sulit karena batu akik memiliki bermacam jenis. Sehingga untuk mempunyai keahlian itu, harus banyak-banyak melihat ragam batu supaya mudah menghafal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar